Pemerintah Prioritaskan 17 Proyek Infrastuktur

Pemerintah Prioritaskan 17 Proyek Infrastuktur
Pemerintah Prioritaskan 17 Proyek Infrastuktur
JAKARTA — Pemerintah menetapkan proyek-proyek prioritas tahun 2011 yang tersebar di seluruh Indonesia. Proyek prioritas ini akan didanai pemerintah dan pihak swasta melalui Public Private Partnership (PPP).

Direktur Transportasi Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), Bambang Prihantono, Rabu (23/3) di kantor Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, mengungkapkan, di antara yang masuk proyek prioritas adalah pembangunan terminal cruise di Tanah Ampo, Bali dengan perkiraan nilai investasi mencapai USD36 juta. Selanjutnya pembangunan rel kereta api bandara Soekarno Hatta-Stasiun Manggarai dengan nilai investasi USD735 juta.

Pemerintah juga berencana membangun pembangkit listrik tenaga batu bara di Jawa Tengah dengan nilai USD3 miliar, jalan tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi dengan nilai USD475,52 juta dan proyek air minum Umbulan, Jawa Timur dengan estimasi investasi USD204,2 juta. Semua proyek ini masuk dalam Rencana dan Program Investasi Infrastruktur Jangka Menengah (RPII-JM) pemerintah tahun 2011.

           

"Ada 17 proyek yang masih kita persiapkan. Termasuk jembatan Selat Sunda, diperkirakan butuh investasi USD250.000 juta. Saat ini sudah ada penerbitan Perpres dan pembentukan konsorsium Banten-Lampung sebagai badan usaha proyek," jelas Bambang.

           

JAKARTA — Pemerintah menetapkan proyek-proyek prioritas tahun 2011 yang tersebar di seluruh Indonesia. Proyek prioritas ini akan didanai pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News