JPNN.com

Pemerintah Putuskan Iduladha Jatuh pada 11 Agustus 2019

Kamis, 01 Agustus 2019 – 20:19 WIB Pemerintah Putuskan Iduladha Jatuh pada 11 Agustus 2019 - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan tanggal 1 Zulhijah 1440 Hijriah jatuh pada Jumat, 2 Agustus 2019. Kemenag menetapkan itu setelah menggelar sidang isbat awal Zulhijah 1440 Hijriah, Kamis (1/8).

"Kami memutuskan bahwa 1 Zulhijah jatuh pada Jumat 2 Agustus 2019. Dengan begitu 10 Zulhijah atau Hari Raya Iduladha jatuh pada Ahad 11 Agustus 2019," kata Dirjen Binmas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Menurut Amin, dalam sidang isbat ini Kemenag menerima laporan dari sepuluh titik lokasi pemantauan hilal. Dari sepuluh titik itu melihat hilal di atas dua derajat.

"Posisi hilal, di mana penetapan posisi hilal tersebut telah ditetapkan bahwa hilal berdasarkan hisab sudah berada di atas ufuk yaitu dua derajat," ungkap dia.

BACA JUGA: Berikut Ini Daftar Harga Kambing untuk Kurban Jelang Iduladha

Sidang isbat awal bulan Zulhijah 1440 Hijriah dipimpin oleh Dirjen Bimas Agama Islam Kemenag Muhammadiyah Amin yang mewakili Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin yang tengah bertugas sebagai amirulhaj di Arab Saudi.

Dalam sidang ini juga dihadiri oleh perwakilan MUI, para duta besar negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung (MA), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. (mg10/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...