Pemerintah Rekomendasikan Peran Baru Kadin

Pemerintah Rekomendasikan Peran Baru Kadin
Pemerintah Rekomendasikan Peran Baru Kadin
JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo merekomendasikan agar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia khususnya yang di daerah menjadi stakeholder utama bagi pemerintah daerah. Organisasi induk para pengusaha itu harus lebih berperan aktif agar penggunaan dana pembangunan daerah lebih optimal.

   

Agus mengatakan, Kadin seharusnya menjadi mitra kerja aktif bagi Pemerintah daerah baik itu gubernur, bupati, atau walikota. "Itu penting sekali karena banyak sekali daerah anggarannya besar tetapi, maf-maaf, dialokasikan untuk biaya aparatur. Jadi hanya untuk pembiayaan karyawan dan juga untuk kegiatan yang tidak terlalu memberikan nilai tambah kepada perekonomian daerah," ujarnya saat berdiskusi dalam Munas VI Kadin bersama Menteri Perindustrian, M.S Hidayat, dan Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, di JCC, Jumat (24/9).

Besarnya dana di daerah, menurut Agus, bisa dipergunakan dengan baik jika ada kontrol dari DPRD dan stakeholder seperti Kadin. "Kami merekomendasikan supaya di daerah Kadin harus menjadi stakeholder utama untuk menjaga kualitas penyerapan anggaran oleh pemerintah daerah," ucapnya.

Kadin kelak akan terlibat dalam proses mulai dari dari awal sampai anggaran disetujui dan bagaimana penyelengaraanya. Agus mengatakan, dalam semua proses itu Kadin harus ikut menjadi pengawas dan masuk sistem supaya berjalan dengan baik.

JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo merekomendasikan agar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia khususnya yang di daerah menjadi stakeholder

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News