Pemerintah Sebaiknya Mendorong BUMN Memberdayakan Potensi Desa

Pemerintah Sebaiknya Mendorong BUMN Memberdayakan Potensi Desa
Kantor Kementerian BUMN. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar mengapresiasi langkah-langkah pemerintah untuk membenahi total sejumlah BUMN akhir-akhir ini.

Momentum langka ini, tutur Marwan, sebaiknya terus dilanjutkan dengan terukur, terbuka serta dilakukan secara berkelanjutan.

Selain itu, serangkaian kebijakan positif tersebut, kata dia, perlu pula tetap mempertimbangkan pakem fungsi BUMN agar bisa meraih keuntungan dan sukses menunaikan tugas-tugas sosial. 

Salah satunya dengan memanfaatkan BUMN untuk mendorong kemajuan desa-desa di Indonesia.

"Terutama dalam konteks menuntaskan penugasan tugas publik alias sosial (public social offer, PSO) itulah saya menyarankan agar BUMN-BUMN kita mampu semakin mendorong berbagai aspek upaya memberdayakan warga masyarakat pedesaan di seluruh Indonesia. Maksudnya, BUMN-BUMN yang memiliki banyak direksi dan karyawan profesional, kreatif dan inovatif pasti mampu melakukannya" ujar Marwan.

Mantan Ketua Fraksi PKB itu menambahkan, sangat banyak aspek untuk  memberdayakan masyarakat desa, termasuk daerah tertinggal serta kawasan beberapa kawasan transmigrasi yang bisa didorong BUMN.

Mulai dari pembangunan ifrastruktur jalan, jembatan, sekolah- sekolah, puskesmas-puskesmas atau posyandu hingga sektor pertanian, perkebunan rakyat serta pesisir dan pengembangan daerah perbatasan terluar atau terdepan dengan batas negara tetangga. 

"Saya percaya cukup banyak BUMN yang mampu mendorong meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat di ketiga daerah serta kawasan yang saya sebutkan tadi. Nilai-nilai seperti pandangan positif atau BUMN makin mendapat simpati publik, juga menjadi pembeda dibanding dengan institusi semacam BUMN di negara lain yang semata mengejar keuntungan. Saya meyakini juga, BUMN bahkan bisa mendorong percepatan pemberdayaan perdesaan tersebut, " tutur wakil rakyat dari Dapil Jateng 3 ini.

BUMN diyakini mampu mendorong berbagai aspek memberdayakan masyarakat pedesaan di seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News