Pemerintah Sebut Daerah-daerah ini Berkontribusi Besar Terhadap Kasus Pertumbuhan Covid-19

Pemerintah Sebut Daerah-daerah ini Berkontribusi Besar Terhadap Kasus Pertumbuhan Covid-19
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengungkapkan sejumlah daerah yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan kasus Corona di Indonesia.

Di antaranya ialah Pulau Jawa dan Papua.

"Kami melihat bahwa ada provinsi-provinsi yang berkontribusi 65 persen terhadap kasus aktif, yaitu Jawa Barat, DKI, Jawa Tengah, Papua, dan Riau," kata Airlangga di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (7/6) selepas rapat bersama Kepala Negara Joko Widodo.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menyebutkan bahwa Pulau Jawa telah berkontribusi sebesar 52,4 persen dari total kasus Covid-19 di Indonesia.

Airlangga juga mengungkapkan rata-rata bed occupancy rate (BOR) atau ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit dan fasilitas medis lainnya.

Sejauh ini, BOR sudah terisi sekitar 40 persen nasional.

Namun, apabila melihat lebih mendalam di tingkat provinsi, maka terdapat keterisian tempat tidur di atas 40 persen.

"Lima provinsi BOR di atas 40 persen, yaitu Kalbar, Jateng, Kepri, Jambi, dan Riau," jelas dia.

Ketua Umum Golkar itu juga menyatakan bahwa pihaknya tengah memperhatikan adanya lonjakan kasus di Kota Kudus, Jawa Tengah dan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengungkapkan sejumlah daerah yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan kasus Corona di Indonesia. Dua daerah ini jadi perhatian.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News