Pemerintah Segera Naikkan Tarif KA Ekonomi

Pemerintah Segera Naikkan Tarif KA Ekonomi
Pemerintah Segera Naikkan Tarif KA Ekonomi
JAKARTA - Tarif kereta api kelas ekonomi akan tetap naik. Kebijakan ini diambil karena tarif yang sekarang berlaku dinilai tidak sesuai lagi dengan kondisi transportasi di Indonesia. Selain itu, kenaikan tarif juga untuk membantu biaya operasional PT Kereta Api (KA) yang selama ini mengalami kekurangan dana.

"Tarif KA kelas ekonomi memang sangat rendah dibanding transportasi lainnya. Terlebih tarif ini tidak naik sejak 2002 dan malah turun di 2009," ungkap Dirjen Kereta Api Kementerian Perhubungan Tunjung Indrawan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (19/1).

Diakuinya, rencana kenaikan tarif KA ini tadinya akan diberlakukan pada 2010. Namun karena banyak protes dari para pengguna kereta, kenaikan itu akhirnya ditunda. Apalagi ada permintaan dari masyarakat agar sebelum menaikkan tarif, PT KA harus melakukan perubahan sistem pelayanan dan melengkapi sarana di dalamnya seperti toilet dan fasilitas lainnya.

"Hari ini akan diadakan rapat bersama membahas tentang kenaikan tarif ini dengan dimediasi LIPI. Apa saja yang jadi tanggung jawab KA dan apa hak penumpang, sehingga ketika SK (Surat Keputusan) kenaikan tarif ini sudah ditetapkan, pengguna jasa harus siap menerimanya," tegasnya.

JAKARTA - Tarif kereta api kelas ekonomi akan tetap naik. Kebijakan ini diambil karena tarif yang sekarang berlaku dinilai tidak sesuai lagi dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News