Pemerintah Siapkan Inpres Nelayan

Pemerintah Siapkan Inpres Nelayan
Pemerintah Siapkan Inpres Nelayan
JAKARTA - Janji pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan nasional terus direalisasikan. Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengatakan bahwa instruksi presiden tentang kesejahteraan nelayan akan rampung dalam waktu dua pekan. Inpres itu adalah salah satu bukti komitmen pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Pemerintah sedang memetakan apa saja yang dibutuhkan mereka mulai dari rumah nelayan dan infrastruktur. Harapannya tidak lama setelah inpres keluar program segera berjalan," kata Fadel usai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri di kantor Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Jakarta, Selasa (1/3) kemarin.

Program kesejahteraan nelayan itu adalah bagian dari enam kluster baru peningkatan kesejahteraan rakyat. Kluster baru itu antara lain, peningkatan kehidupan nelayan, program rumah murah, kendaraan angkutan umum murah, program air bersih, program listrik murah dan hemat, serta program peningkatan masyarakat pinggiran perkotaan.

Fadel mengatakan, saat ini basis nelayan selalu identik dengan kantong kemiskinan. Karena itu, diharapkan di kantong-kantong nelayan itu kemiskinan dapat ditangani. Untuk anggaran program tersebut, Fadel menambahkan, pemerintah menyiapkan sekitar Rp 3 triliun. Jumlah itu akan dimasukkan secara bertahap ke anggaran negara mulai tahun ini. "Di APBNP 2011 sebagian kecil dan berikutnya kita buat bertahap selama tiga tahun," kata Fadel.

JAKARTA - Janji pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan nasional terus direalisasikan. Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News