Rumput Laut Indonesia Geser Filipina

Rumput Laut Indonesia Geser Filipina
Rumput Laut Indonesia Geser Filipina
JAKARTA-Kementeria n Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan usaha rumput laut secara terpadu dari hulu sampai hilir. Minapolitan berbasis komoditas rumput laut merupakan salah satu upaya untuk mengintegrasikan industri ini. Terlebih peluang Indonesia menggeser Filipina menjadi penghasil rumput laut dunia mulai terlihat.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menegaskan, Indonesia saat ini telah menjadi negara penghasil rumput laut terbesar di dunia, menggeser dominasi Filipina. Hal itu diutarakan pengusaha asal Ternate tersebut saat peresmian depo rumput laut dan pabrik rumput laut dan sentra pengolahan ikan Roa Asap Luwuk Banggai di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, baru-baru ini.

Keberadaan depo rumput laut ini merupakan bagian penting dari sistem pembangunan industri rumput laut dan persyaratan minapolitan industri rumput laut.’’Musim tanam dan panen rumput laut sangat dipengaruhi oleh cuaca. Selain menanam, juga diperlukan panas matahari untuk pengeringan rumput laut. Depo ini dapat dimanfaatkan sebagai gudang untuk tempat penyimpanan rumput laut sehingga dapat menjaga fluktuasi harga dan menjamin budidaya komoditas ini dilakukan secara berkelanjutan,’’ jelas Fadel.

Untuk meningkatkan komoditas rumput laut, KKP tidak bekerja sendiri. Pihaknya juga melakukan kesepakatan bersama dengan menggandeng sejumlah kementerian dalam hal sinergitas kegiatan pengembangan rumput laut untuk percepatan pembangunan ekonomi masyarakat. Salah satu kementerian yang digandeng adalah Kementerian Perdagangan untuk dapat memfasilitasi pemanfaatan gudang yang dimiliki swasta, di samping melakukan ikut serta melakukan intervensi harga rumput laut sehingga tidak mengalami fluktuasi harga.

JAKARTA-Kementeria n Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan usaha rumput laut secara terpadu dari hulu sampai hilir. Minapolitan berbasis komoditas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News