Pemerintah Siapkan Roadmap Transisi Endemi

Pemerintah Siapkan Roadmap Transisi Endemi
Menko Airlangga Hartarto. Foto dok Kemenko

jpnn.com, JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah menyiapkan Roadmap Transisi Pandemi Covid-19, menuju era baru.

Di mana masyarakat akan hidup berdampingan dengan Covid-19. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 diproyeksikan akan menjadi Endemi.

"Nantinya kita hidup berdampingan dengan Covid-19 dan semua kegiatan sosial ekonomi akan beraktivitas dengan normal baru menjaga protokol kesehatan dan tentunya dua dosis vaksin menjadi salah satu prasyarat berbagai kegiatan," ujar Airlangga dalam webinar bertajuk 'Government & Basic Essential Sectors: Synergize for Post-Pandemic Economic Recovery'.

Oleh karena itu, untuk menuju masa transisi itu, pemerintah terus mengejar target vaksinasi 1,5 juta - 2,5 juta vaksin per hari.

Diharapkan lebih dari 50 persen masyarakat telah mendapatkan dosis kedua vaksin dan mencapai kekebalan komunal.

"Level PPKM akan dibuka secara bertahap dan berjenjang, dan tentunya screening (aplikasi) Peduli Lindungi menjadi langkah awal menuju era baru pascapandemi dan melalui teknologi digital," tutur Airlangga.

Terkait kasus Covid-19, dia bersyukur karena penanganan Covid-19 yang dilakukan dari hulu ke hilir telah memberikan hasil yang sangat baik, di mana angka kasus aktif per Juli 2021 yang sebanyak 524 ribu turun menjadi 20 ribuan kasus aktif per hari ini.

"Kasus konfirmasi harian tercatat 4,6 kasus per 1 juta penduduk, lebih rendah dari negara lain seperti Singapura, Malaysia dan India. Kinerja penanganan Covid-19 dan vaksinasi kita salah satu yang diakui dunia," paparnya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah menyiapkan Roadmap Transisi Pandemi Covid-19, menuju era baru.