Pemerintah Siapkan Rp28,8 Triliun untuk Modal Usaha Mikro dan Ultra Mikro

Pemerintah Siapkan Rp28,8 Triliun untuk Modal Usaha Mikro dan Ultra Mikro
Menkop UKM Teten Masduki bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Foto: Humas Kemenkop UKM

jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, pemerintah akan segera merilis program Bansos Produktif bagi perkuatan permodalan usaha mikro dan ultra mikro yang belum tersentuh lembaga pembiayaan (unbankable).

"Pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp28,8 triliun untuk 12 juta pelaku usaha mikro dan ultra mikro yang masing-masing mendapat modal usaha Rp2,4 juta," jelas Teten, pada acara peringatan Hari Koperasi dan Hari UMKM 2020, di Yogyakarta, Kamis (6/8).

Untuk itu, Menkop UKM berharap kerjasama dengan seluruh Pemda terkait pendataan bagi siapa yang berhak mendapat bansos tersebut, agar bisa lebih tepat sasaran.

"Seperti misalnya pedagang asongan, kaki lima, bakul pasar, dan sebagainya, yang pasti belum terdata di dinas-dinas terkait," imbuh Teten.

Setelah itu, lanjut Teten, mereka akan mendapat pembinaan melalui aneka program pelatihan.

Menurut Teten, pemerintah terus melakukan evaluasi program-program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan menelurkan program baru untuk pemulihan ekonomi koperasi dan UMKM.

"Karena, untuk bisa cepat pulih, koperasi dan UMKM yang jumlahnya mencapai 99 persen itu harus cepat dan segera diselamatkan," tandas Teten.

Khusus untuk koperasi, Teten menyebut koperasi sebagai wadah konsolidator kegiatan UMKM. Oleh karena itu, pembiayaan untuk UMKM sebaiknya dikanalisasi melalui koperasi.

Menkop UKM Teten Masduki mengatakan bahwa pemerintah menyiapkan anggaran Rp28,8 triliun untuk modal usaha mikro dan ultra mikro.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News