Pemerintah Terus Cari Solusi Atasi Kemacetan di Tol Japek

Pemerintah Terus Cari Solusi Atasi Kemacetan di Tol Japek
Tol Jakarta - Cikampek macet. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mencari solusi terbaik untuk menangani kemacetan di jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek).

Koordinasi dengan para pemangku kepentingan terus dilakukan secara intensif untuk mencari solusi bagaimana agar pembangunan tiga proyek strategis nasional tetap berjalan, di sisi lain transportasi masyarakat di jalan tol tersebut tidak terganggu.

"Untuk itu, perlu dilakukan beberapa pengaturan pengerjaan proyek, khusunya di titik-titik yang tingkat kemacetannya tinggi," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan.

Dalam rapat, dijelaskan bahwa ada beberapa titik kemacetan yang tinggi di jalan Tol Japek, di antaranya di kali Bekasi, di mana ada pekerjaan LRT Jabodebek.

"Kemudian titik lain yaitu di Cikunir, karena disitu ada dua kegiatan yang juga sangat massif yaitu pekerjaan jalan tol elevated dan kereta api cepat Jakarta-Bandung," jelasnya.

"Perlu ditegaskan kembali bahwa upaya yang dilakukan pemerintah untuk menangani kemacetan di tol Japek yaitu dengan melakukan pengaturan pengerjaan proyek (construction management)," imbuh Hengki.

Melalui pengaturan tersebut, nantinya ketiga pekerjaan proyek mesti dilakukan secara bergantian atau tidak dilakukan secara bersamaan pada titik-titik tertentu yang bisa memperparah kemacetan.

Langkah-langkah yang telah dilakukan di antaranya, yaitu penerapan kebijakan pemberlakukan ganjil-genap di gerbang tol (GT) Bekasi Barat, Bekasi Timur dan di GT Tambun yang saat ini sedang dalam tahap sosialisasi, sebelum diterapkan secara penuh pada akhir tahun.

Agar menarik minat masyarakat menggunakan bus, diterapkan juga pemberlakuan lajur khusus angkutan bus di tol yang berlaku setiap Senin sampai Jumat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News