Pemilu Malaysia: Mahathir Diragukan Orang Kampung Sendiri

Pemilu Malaysia: Mahathir Diragukan Orang Kampung Sendiri
Mahathir Mohamad. Foto: Reuters

jpnn.com, KEDAH - Pilihan Raya Umum (PRU) Ke-14 alias General Election 14 (GE14) Malaysia tinggal hitungan hari. Majunya Mahathir Mohamad menjadikan ajang pemilihan itu semakin menarik.

Lelaki yang pernah 20 tahun menjabat perdana menteri tersebut masih memiliki pengaruh besar. Namun, di tempat asalnya, Negara Bagian Kedah, sebagian masyarakat pesimistis dia bakal menang.

Media Malaysia menyebut Mahathir punya dukungan kuat di tiga negara bagian. Yakni, Kedah, Perak, dan Johor.

Dari tiga daerah itu, para pengamat di luar Malaysia yakin tokoh 92 tahun tersebut bakal mendulang suara paling besar di Kedah. Alasannya, Mahathir lahir di Alor Setar, Kedah. Namun, keyakinan itu juga tidak bisa menjadi jaminan.

Sebab, dukungan terhadap Mahathir di Kedah terlihat kurang bergelora. Hampir seluruh sudut dipenuhi bendera warna biru tua. Yakni, bendera milik koalisi Barisan Nasional (BN).

Foto rival Mahathir, Najib Razak, menyebar di seluruh sudut Kedah. Termasuk di Jalan Kampung Perak, Alor Setar, Kedah.

Selain bendera, posko kemenangan BN juga menyebar di setiap ruas jalan. Memang, tidak semua pos ramai. Tapi, keberadaan pos menjadi simbol bahwa di titik tersebut ada basis pendukung mereka.

Saking kuatnya, salah satu posko BN dibangun di area kantor Suruhanjaya Pilihan Raya (SPR) alias KPU-nya Malaysia.

Meski hampir pasti jadi lumbung suara Mahathir, Tak semua orang di Kedah mendukung mantan perdana menteri itu. Bahkan tak sedikit pendukungnya yang pesimistis

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News