Pemilu Pakistan, 16 Orang Tewas

Pemilu Pakistan, 16 Orang Tewas
Pemilu Pakistan, 16 Orang Tewas
ISLAMABAD – Dibayangi ancaman Taliban, Pakistan mengadakan pemilu parlemen, Sabtu (11/5). Itu merupakan pemilu pertama yang menandai transisi pemerintahan dengan mulus. Sebab, sebelumnya, pemerintah tidak pernah bisa mengemban mandat kepemimpinan mereka sampai masa jabatan berakhir. Tapi, korban tewas tetap tak terhindarkan.

Tiga politikus Pakistan bersaing memperebutkan dukungan masyarakat melalui pemilu kemarin. Imran Khan, Nawaz Sharif, dan Presiden Asif Ali Zardari yang memimpin tiga partai politik terbesar negara tersebut sama-sama yakin akan memenangkan pemilu. Tapi, tidak seperti Sharif dan Zardari yang bisa menggunakan hak pilihnya, Khan terpaksa melewatkan hari penting itu di rumah sakit.

Politikus yang sebelumnya dikenal sebagai atlet tersebut mengalami patah tulang belakang dan tulang iga setelah jatuh dari lift saat berkampanye. Hingga kemarin, Khan masih menjalani perawatan di rumah sakit. ”Kesehatan dan keselamatan beliau jauh lebih penting dari apa pun,” kata Jubir Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) Shireen Mazari.

Kemarin PTI harus berhadapan dengan dua parpol besar Pakistan. Yakni, Liga Muslim Pakistan N (PML-N) dan Partai Rakyat Pakistan (PPP). Sharif yang memimpin PML-N dan sudah dua kali menjabat sebagai perdana menteri (PM) optimistis bakal memenangkan pemilu. ”Saya yakin, partai kami akan menerima kabar baik dari seluruh negeri mulai malam ini,” ujarnya setelah memberikan suaranya di Kota Lahore.

ISLAMABAD – Dibayangi ancaman Taliban, Pakistan mengadakan pemilu parlemen, Sabtu (11/5). Itu merupakan pemilu pertama yang menandai transisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News