Peminat Kondom Tertinggi di Pagar Alam

Peminat Kondom Tertinggi di Pagar Alam
Peminat Kondom Tertinggi di Pagar Alam
DEMANG--- Data hingga Nopember 2009 menunjukkan, peserta program Keluarga Berencana (KB) dengan menggunakan kondom di wilayah Sumatera Selatan mencapai 38 ribu. Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) Sumsel mentargetkan pengguna KB kondom di tahun 2010 meningkat menjadi 40 ribu orang. Sepanjang 2009 ini, Pagar Alam merupakan daerah yang paling tinggi angka penggunaan kondom sebagai alat KB.

“Di luar dugaan kita Pagar Alam merupakan daerah dengan peserta KB Kondom tertinggi,” ungkap Kepala BKKBN Sumsel Drs Muhammad Tri Tjahjadi MPH usai melantik 8 pegawai di lingkungan BKKBN Sumsel, kemarin (30/12). Sayangnya, dia tidak menyebutkan berapa angka pasti pengguna kondom di Pagar Alam itu. Sementara, daerah dengan peserta KB terendah adalah daerah yang berbatasan langsung dengan Palembang seperti Banyuasin dan Ogan Ilir. Karenanya, di daerah-daerah itu akan diberikan pengawasan dan pembinaan langsung dari BKKBN Sumsel.

Dijelaskan, untuk pengguna KB pil sendiri memang mengalami penurunan, dari 100 orang peserta menurun menjadi 87 orang. BKKBN sendiri dalam waktu dekat juga akan bekerjasama dengan ulama guna sosialisasi dan pemaksimalan penggunaan kondom. Beberapa waktu lalu saat peringatan hari AIDS yang jatuh pada 1 Desember memang beberapa ormas Islam mengeluarkan wacana untuk melarang penjualan kondom seperti saat ini.

“Kondom tidak akan dilarang, dengan ulama juga kita akan bekerjasama untuk mereposisi cara-cara yang lebih moderen. Apalagi kondom sendiri telah terbukti lebih berkhasiat ketimbang KB lainnya,” tambahnya. Selain itu di tahun mendatang, BKKBN juga tetap akan melakukan penyuluhan mengenai penggunaan kontrasepsio yang cocok dan sesuai kegunaan peserta KB.

DEMANG--- Data hingga Nopember 2009 menunjukkan, peserta program Keluarga Berencana (KB) dengan menggunakan kondom di wilayah Sumatera Selatan mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News