Pemindahan GT Cikarang Utama Diyakini Tingkatkan Kelancaran Arus Mudik

Pemindahan GT Cikarang Utama Diyakini Tingkatkan Kelancaran Arus Mudik
Gerbang Tol Cikarang Utama saat musim mudik Lebaran 2018. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Antrian kendaraan khususnya pada musim mudik Lebaran kerap terjadi di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut), baik dari maupun ke arah Jakarta yang berimbas pada kemacetan panjang di ruas tol tersebut.

Karena itu Gerbang Tol Cikarut nantinya akan ditutup dan dipindah ke dua titik yaitu di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama. 

“GT Cikampek Utama ini adalah gerbang pengganti Cikarut yang tidak difungsikan lagi. Satu GT lainnya yaitu Kalihurip Utama. Ini nanti yang akan beroperasi pada saat mudik,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama, Minggu (19/5).

Gerbang Tol Cikampek Utama berada di Kilometer 70 Tol Cikampek yang dibangun untuk melayani para pengguna jalan dari atau menuju timur, ke jalan Tol Cikopo-Palimanan.

BACA JUGA: Kemenhub Turunkan Tarif Batas Atas Penerbangan

Sementara, GT kalihurip Utama berada di Kilometer 67 Tol Cikampek yang dibangun untuk melayani para pengguna jalan dari atau menuju selatan, dengan rute Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang, dan Padalarang-Cileunyi.

Budi optimistis dengan pemindahan GT Cikarut ini maka pelayanan ke masyarakat di kedua ruas tol ini akan meningkat.

“Jumlahnya relatif sama dengan Cikarut. Jumlahnya 30-an gardu tol. Jadi bisa dibayangkan jumlah gardu layanannya 2 kali lipat, dengan traffic yang cuma 55% (ke arah timur), karena yang 45 persen sudah keluar di GT Kalihurip Utama. Jadi layanannya akan maksimal,” ucapnya.

Gerbang Tol Cikarang Utama nantinya akan ditutup dan dipindah ke dua titik yaitu di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News