Pemkab Bekasi Siapkan Dana Rp 600 Juta untuk Jemaah Haji

Pemkab Bekasi Siapkan Dana Rp 600 Juta untuk Jemaah Haji
Ilustrasi calon jemaah haji. Foto: Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com, BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyiapkan anggaran sebesar Rp 600 juta untuk kebutuhan pendukung keberangkatan dan kepulangan jamaah haji.

Kabag Kesra Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna mengatakan, untuk biaya kebutuhan jamaah calon haji pada saat keberangkatan dan kepulangan setiap tahun disiapkan dalam APBD. Untuk pelaksanaan haji 2018, anggaran yang dikucurkan sama seperti di tahun sebelumnya.

Kata Iyan, anggaran yang disiapkan Pemkab Bekasi biasanya digunakan untuk kebutuhan transportasi bus pemberangkatan dari Kabupaten Bekasi menuju embarkasi dan sebaliknya.

“Selain itu juga digunakan untuk kebutuhan makan bagi para calon haji pada saat berangkat menuju embarkasi dan biaya jasa porter yang mengangkut barang milik jamaah,” katanya.

Iyan mengatakan, alokasi anggaran tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bekasi terhadap warganya yang menjalankan ibadah haji.

Untuk jamaah haji yang diberangkatkan pada 2018 ini sebanyak 2.066 orang. Sementara kuota haji berjumlah 2.207.

Iyan menambahkan, jumlah jamaah calon haji belum sesuai kuota karena ada 242 calon haji asal Kabupaten Bekasi berpindah keberangkatan dari daerah lain. Sementara calon haji dari daerah lain yang berangkat dari Kabupaten Bekasi sebanyak 59 orang.

Jamaah calon haji asal Kabupaten Bekasi terbagi menjadi tujuh kloter. Yakni kloter 3, 26, 40, 50, 79, 87 dan 96.(enr/pojoksatu)


Alokasi anggaran tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bekasi terhadap warganya yang menjalankan ibadah haji.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News