Pemkab Berau Usulkan 17 Kegiatan Bernilai Rp 1 Triliun

Pemkab Berau Usulkan 17 Kegiatan Bernilai Rp 1 Triliun
Pemkab Berau Usulkan 17 Kegiatan Bernilai Rp 1 Triliun

jpnn.com - TANJUNG REDEB - Panitia anggaran eksekutif mengusulkan tiga kegiatan tambahan untuk dimasukkan dalam proyek multiyear dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2013. Kepala Bappeda Berau Yudi Artangali menyatakan, tiga kegiatan yang diusulkan itu masuk kategori prioritas. Artinya, kegiatan tersebut harus segera diselesaikan sebelum masa jabatan bupati dan wakil bupati Berau berakhir pada 2015.

"Kami usulkan tiga tambahan. Salah satunya, jalan freeway dari Singkuang ke Bandara Kalimarau, Murjani IV. Usul lain adalah melanjutkan pembangunan turap Gunung Tabur dan Sambaliung," tuturnya di sela-sela rapat Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD-P 2013 di sekretariat DPRD Berau, Kamis (26/9).

Dengan tambahan itu, usul proyek multiyear yang diajukan pemkab menjadi 17 paket kegiatan. Sebelumnya, 14 paket kegiatan disetujui badan anggaran legislatif.

Tiga kegiatan tambahan tersebut sekaligus memperbesar jumlah dana yang akan dikucurkan. Sebelumnya, untuk 14 paket kegiatan yang telah disetujui, dana yang dianggarkan mencapai Rp 630 miliar.

Kegiatan tambahan itu ditaksir menghabiskan anggaran senilai Rp 382 miliar. Jadi, total anggaran yang diusulkan adalah Rp 1,012 trilun. "Untuk Jalan Singkuang-Bandara, anggaran total mencapai Rp 290 miliar. Tapi, untuk tahap awal, kami usulkan Rp 160 miliar," paparnya.

Pembangunan jalan, menurut dia, sangat dibutuhkan untuk mendukung arus transportasi darat dari Bandara Kalimarau ke pusat Kota Tanjung Redeb. "Masyarakat meminta untuk melanjutkan pembangunan turap. Perencanaan dua turap itu juga sudah selesai," terangnya.

Di antara 14 paket yang telah disetujui tersebut, persoalan air bersih dianggap paling prioritas, terutama pembangunan pipa sambungan rumah. Anggaran yang diusulkan adalah Rp 195 miliar. (jpnn/c18)


TANJUNG REDEB - Panitia anggaran eksekutif mengusulkan tiga kegiatan tambahan untuk dimasukkan dalam proyek multiyear dalam Anggaran Pendapatan dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News