Tiga Hakim PN Medan Diadukan ke KY

Tiga Hakim PN Medan Diadukan ke KY
Tiga Hakim PN Medan Diadukan ke KY

jpnn.com - JAKARTA – Tiga hakim dari Pengadilan Negeri (PN) Medan ternyata tidak hanya dilaporkan ke Badan Reserese dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, Jakarta, pada Selasa (24/9). Namun diketahui pada Kamis (26/9), juga dilaporkan ke Komisi Yudisial (KY).

Pelapornya tidak lain Agnestesia Heritna dan anaknya Ricky. Mereka melayangkan pengaduan setelah menduga ketiga hakim masing-masing M Nur, Sutejo Bomantoro dan SB Hutagalung, melakukan pelanggaran kode etik perilaku hakim, saat menggelar sidang perkara kasus jual beli tanah di Jalan S Parman, Gang Soor, Nomor 207 Medan, beberapa waktu lalu.

"Kita melaporkan mereka ke KY karena diduga melakukan tindakan pidana keterangan saksi atau mengubah saksi dalam putusan No 717/PDT.G/2012/PN.MDN yang diketuk 17 September 2013 lalu,” ujar Agnestesia usai melayangkan pengaduan di gedung KY, Jakarta, Kamis (26/9).

Agnes mengaku dirinya melayangkan pengaduan, bukan karena dalam perkara tersebut pihaknya dikalahkan pengadilan. Namun didasarkan keprihatinan melihat carut-marutnya pengadilan di Indonesia, karena dalam memutus perkara diduga ketiga hakim memalsukan keterangan saksi.

Peristiwa bermula saat Agnes membeli rumah milik Stephen Chandra Haris, di Jalan S Parman Gang Soor No 207 Medan pada Oktober 2007. Namun kemudian Stephen menggugat Agnestesia hingga kemudian digelar persidangan. Dalam persidangan Agnes kemudian menghadirkan saksi notaris yang menyatakan terdapat dokumen akta jual beli dalam transaksi jual beli rumah dimaksud. Namun dalam putusan, hakim mencantumkan dokumen tersebut bukan akta jual beli.

“Karena itu kami memohon KY berkenan memeriksa dan mengambil tindakan tegas terhadap hakim-hakim ini. Karena kami tidak ingin ada hakim yang sewenang-sewenang melakukan vonis. Bila dalam pemeriksaan ditemukan fakta para hakim ini melakukan kesalahan, kita minta KY untuk menghukum mereka sesuai peraturan dan kode etik hakim,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Juru Bicara KY, Asep Rahmat Fajar, mengaku belum mengetahui secara persis apakah pengaduan tersebut benar telah dilayangkan. Alasannya, kebetulan pada Kamis (26/9) ia hanya sebentar berada di kantor, karena ada pekerjaan yang harus dilakukan di luar kantor.

“Setiap pengaduan tentu akan kita terima dengan baik. Karena KY sudah berkomitmen penuh untuk terus melakukan pengawasan sehingga para hakim yang ada benar-benar bekerja sesuai kode etik yang ada,” ujarnya.

JAKARTA – Tiga hakim dari Pengadilan Negeri (PN) Medan ternyata tidak hanya dilaporkan ke Badan Reserese dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News