Pemkab Gunungkidul Relokasi Pengungsi

Pemkab Gunungkidul Relokasi Pengungsi
Pemkab Gunungkidul Relokasi Pengungsi

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul sedang berusaha mengumpulkan pengungsi Merapi yang kini banyak bertebaran di sejumlah desa di kabubaten Gunung Kidul. "Kami berupaya untuk mengumpulkan para pengungsi dalam satu area, supaya mudah berkoordinasi," kata Wakil Bupati Gunungkidul Hj. Badingah di Wonosari, Sabtu (6/11).

Menurut Badingah, Pemkab Gunungkidul akan memberikan bantuan kepada semua pengungsi Merapi yang kini berada di wilayahnya. Namun, kata Badingah, pengungsi yang kini tersebar di sejumlah desa itu harus direlokasi dalam satu tempat. "Kami sudah menyiapkan lokasi khusus di Rest Area. Karena itu, para pengungsi yang kini masih tercecer di desa-desa akan kami evakuasi ke satu area ini," kata Badingah.

Hingga saat ini, di posko pengungsi Rest Area Wonosari sudah terdapat sekitar 500 pengungsi. Jumlah itu nampaknya akan terus bertambah, mengingat proses evakuasi pengungsi di sejumlah desa masih terus berlangsung. Menurut data dari Pemkab Gunungkidul, saat ini sejumlah pengungsi di sejumlah desa di Logandeng, Ngunut, Gading, Gari, Pathuk dan Gedangsari kini masih dalam proses evakuasi.

Di pusatkannya pengungsi di satu tempat, dikarenakan Pemkab Gunungkidul hanya melayani satu dapur umum. "Sedangkan untuk kebutuhan di luar makan dan minum diluar tanggung jawab kami. Meski begitu, kami akan berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada mereka," ujar Badingah. (dib/aj/jpnn)

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul sedang berusaha mengumpulkan pengungsi Merapi yang kini banyak bertebaran di sejumlah desa di kabubaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News