JPNN.com

Pemkab Siapkan Tenaga Kontrak Daerah menjadi Marbut

Selasa, 03 September 2019 – 07:32 WIB Pemkab Siapkan Tenaga Kontrak Daerah menjadi Marbut - JPNN.com
Disiapkan tenaga kontrak daerah khusus bertugas menjadi marbut. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Pemkab Kotawaringin Timur, Kalteng, berencana mengangkat tenaga kontrak daerah yang tugasnya khusus menjadi marbut masjid. Hal ini agar mereka benar-benar menjalankan tugas dengan baik mengurus masjid.

"Rencana pengangkatan pegawai kontrak itu dalam proses. Insya Allah 2020 diangkat, terutama masjid yang dibangun pemerintah daerah. Masjid yang dibangun pemerintah daerah sebagian tidak terawat karena tidak ada kaumnya (marbut). Makanya kami akan mengangkat tenaga kontrak," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor di Sampit, Selasa (3/9).

Pengangkatan marbut menjadi tenaga kontrak diprioritaskan untuk masjid yang dibangun pemerintah daerah karena pengelolaan masjid tersebut tanggung jawab pemerintah daerah. Sedangkan masjid yang dibangun swadaya masyarakat biasanya sudah dikelola dengan baik oleh masyarakat.

Ada 11 masjid di Kotawaringin Timur yang dibangun pemerintah daerah, khususnya di kecamatan luar kota.

Menurut Halikinnor, jangan sampai niat baik membangun tempat ibadah malah menjadi mubazir karena masjid tidak terawat lantaran tidak ada marbut yang merawat masjid itu.

BACA JUGA: Laode Ida: Ada Rasa Ketidakpuasan Rakyat di Wilayah Timur Indonesia

Penjaga masjid tersebut nantinya berstatus sebagai pegawai kecamatan yang ditugaskan untuk memelihara masjid. Pemerintah daerah juga mengupayakan membangun rumah agar marbut tersebut selalu tepat waktu menjalankan tugasnya.

Saat ini Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur menginventarisasi jumlah masjid yang dibangun pemerintah daerah dan rencana perekrutan tenaga kontrak.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...