Pemprov DKI Diminta Gencarkan Sosialisasi Uji Emisi

Pemprov DKI Diminta Gencarkan Sosialisasi Uji Emisi
Petugas melakukan razia uji emisi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pulogadung, Jakarta, Rabu (1/11/2023). ANTARA FOTO/Lifia Mawaddah Putri/Ak/rwa.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi D DPRD DKI Justin Adrian meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menggiatkan sosialisasi terkait uji emisi kendaraan roda empat.

"Kalau untuk roda dua saya kira masih sosialisasi, cuma kalau untuk roda empat saya kira sudah waktunya," kata Justin saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Justin menuturkan nantinya sosialisasi uji emisi roda empat ini dilakukan dengan melibatkan pihak kepolisian secara rutin.

Dia menilai hal ini penting dilakukan untuk menanggulangi polusi udara di DKI Jakarta yang masih terus menjadi sorotan.

Terlebih, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) hingga 2022, tercatat total 21.856.081 jumlah kendaraan bermotor per uniy yang ada di Provinsi DKI Jakarta.

Adapun rinciannya yakni 3.766.059 mobil penumpang, 37.180 bus, 748.395 truk, dan 17.304.447 sepeda motor.

"Jumlah kendaraan bermotor bertambah setiap harinya, ini jadi rangkaian penegak hukum harus jadi tim yang kooperatif," tuturnya.

Nantinya, jika masih ada pemilik kendaraan masih belum uji emisi dia berharap adanya sanksi yang dilakukan secara bertahap untuk meningkatkan kesadaran masing-masing.

Pemprov DKI Jakarta diminta untuk menggencarkan sosialisasi pengujian emisi kendaraan.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News