Pemprov DKI Diminta Gratiskan TransJakarta untuk Pelajar

Pemprov DKI Diminta Gratiskan TransJakarta untuk Pelajar
Bus TransJakarta kembali beroperasi di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (12/6). Foto: Gilang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta memberikan akses seluas-luasnya pada masyarakat, untuk memeriahkan Asian Para Games 2018 yang digelar di ibu kota. Salah satunya dengan menyediakan layanan bus Transjakarta secara gratis setiap hari, khususnya bagi para pelajar.

“Untuk mendorong semangat olahraga sebaiknya pelajar diberikan layanan gratis setiap hari,” ujar anggota DPRD DKI Jakarta Sereida Tambunan, Minggu (30/9).

Selain itu, pemprov juga diharapkan mengedepankan kebudayaan Betawi sebagai ciri khas daerah dalam menyambut perhelatan olahraga bertaraf internasional ini.

Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 harus memberikan pesan, bahwa Jakarta sebagai penyelenggara memiliki kebudayaan yang beragam. Pasalnya, pada evaluasi penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu, kebudayaan Betawi belum nampak ditampilkan.

“Jadi, olahraga untuk pemersatu sudah bagus, tapi budaya untuk pemersatu belum nampak. Padahal pada penyelenggaraan Asian Games 2018 banyak tim yang datang dari setiap wilayah di Indonesia,” katanya.

Menurutnya, Pemprov DKI dapat memperkenalkan budaya Betawi pada Asian Para Games 2018 dengan menampilkan ornamen-ornamen budaya di setiap sudut kota, maupun di sarana penunjang seperti bus Transjakarta dan lainnya.

“Untuk beberapa event seperti penerimaan obor api abadi sudah baik, dengan menampilkan budaya Betawi Palang Pintu,” katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pemprov telah menyediakan layanan bus transjakarta secara gratis. Layanan ini diberikan pada akhir pekan selama penyelenggaraan Asian Para Games 2018 pada 6-13 Oktober 2018 mendatang.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta memberikan akses seluas-luasnya pada masyarakat, untuk memeriahkan Asian Para Games 2018

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News