Pemprov DKI Kirim Bantuan dan Tim untuk Penanganan Gempa Cianjur

Pemprov DKI Kirim Bantuan dan Tim untuk Penanganan Gempa Cianjur
Truk Pemprov DKI Jakarta yang mengirimkan bantuan ke korban bencana gempa di Kabupaten Cianjur, Selasa (22/11). Foto: dokumentasi Humas Pemprov DKI

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengirimkan bantuan logistik dan personel gabungan untuk membantu penanganan bencana gempa Cianjur, Jawa Barat.

Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membentuk Satgas Tanggap Darurat Penanganan Gempa Bumi dengan menerjunkan personel gabungan sebanyak 154 orang.

Personel gabungan ini terdiri dari BPBD, Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD), Satpol PP, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik), Biro Kerja Sama Daerah, dan BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta.

“Misi kemanusiaan ini sesuai dengan arahan Penjabat Gubernur Heru Budi Hartono, untuk membantu meringankan penderitaan yang dirasakan oleh warga masyarakat Cianjur,” ucap Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji dalam keterangannya, Selasa (22/11).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD DKI Sabdo Kurnianto menyebutkan dalam misi kemanusiaan ini akan membawa kendaraan operasional pendukung untuk penanganan gempa bumi, yakni 12 unit mobil truk (12 unit), 3 mobil ambulans, 2 mobil double cabin, 2 unit bus, dan 2 motor trail.

“Setelah mendapatkan informasi gempa bumi ini, kami langsung berkoordinasi dengan Pemkab Cianjur dan BNPB untuk menanyakan kondisi di lapangan, serta kebutuhan yang diperlukan untuk kami serahkan,” kata Sabdo.

Menurut dia, BPBD DKI akan menyerahkan bantuan logistik berupa 31 item barang yang bernilai Rp 2,1 miliar untuk membantu penanganan gempa bumi.

Logistik yang diberikan berupa makanan siap saji, air mineral, tenda pengungsi, velbed, kasur lipat, guling, bantal, selimut, terpal, matras, ember, gayung, kipas angin, masker medis, hygiene kit, sarung, mukena, tali tambang goni, karung, sekop, cangkul, cangkrang, paket perlengkapan keluarga, paket perlengkapan balita, dan paket sandang. 

Pemprov DKI Jakarta mengirimkan bantuan logistik dan personel gabungan untuk membantu penanganan bencana gempa Cianjur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News