Pemprov Jabar Ambil Alih Penanganan Limbah di Sungai Cileungsi

Pemprov Jabar Ambil Alih Penanganan Limbah di Sungai Cileungsi
Limbah dan kotoran di Sungai Cileungsi. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, BOGOR - Persoalan pencemaran limbah di Sungai Cileungsi yang tidak kunjung selesai, memaksa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat turun tangan.

Meski sudah dilakukan eksekusi berkali-kali oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, masih saja ada perusahaan industri yang membuang limbahnya di sungai yang bermuara di Bekasi tersebut.

Kini, penanganan masalah pencemaran Sungai Cileungsi diambil alih Pemprov Jabar. Demikian ditegaskan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Emil) usai rapat dengan Ombudsman Jakarta Raya terkait hasil monitoring pelaksanaan Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP), Jumat (20/9).

“Kesimpulannya hanya satu. Dari bulan Maret, Pemerintah Kabupaten Bogor menyatakan sanggup (menangani), tapi mulai dari minggu ini, disepakati akan diambil alih oleh provinsi (Jawa Barat),” ujar Emil.

Dia mengatakan, Pemprov Jabar akan segera membuat tim, seperti halnya mereka menangani Sungai Citarum dengan melibatkan TNI, Polri dan Kejaksaan sehingga dapat melakukan tindakan hukum represif kepada industri-industri yang masih melakukan pencemaran.

“Silakan berbisnis di Jawa barat, tapi harus menghormati lingkungan, karena kalau airnya kotor nanti berpengaruh pada manusia yang mengonsumsi air kotor dari limbah pabrik yang mengandung unsur-unsur bahan berbahaya dan beracun (B3) kimia,” tegas mantan Wali Kota Bandung itu.

Kepala Perwakilan Jakarta Raya dari Ombudsman Republik Indonesia Teguh Nugroho menyebutkan Provinsi Jawa Barat akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dengan dibantu oleh Kementerian Lingkuhan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Hal ini, ujarnya, sesuai dengan tindakan korektif yang disarankan oleh Ombudsman pada tahun lalu bila pemidanaan terhadap perusahaan-perusahaan yang mencemari Sungai Cileungsi tidak cukup.

Ridwan Kamil menegaskan penanganan masalah pencemaran Sungai Cileungsi akan diambil alih Pemprov Jabar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News