Pemprov Jabar Sembelih 2.368 Hewan Kurban

Pemprov Jabar Sembelih 2.368 Hewan Kurban
Pemprov Jabar Sembelih 2.368 Hewan Kurban

jpnn.com - BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyembelih 2.368 ekor hewan kurban yang terdiri dari 1.068 ekor sapi dan 1.300 ekor domba. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, ribuan hewan kurban tersebut merupakan titipan dari pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Jawa Barat.

Hewan kurban yang disembelih pada tahun ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan tahun lalu. "Alhamdulillah, dibanding tahun lalu, jumlah hewan kurban dari PNS kita tahun ini lebih banyak. Tahun lalu hanya sekitar 500 ekor untuk sapi," kata Heryawan usai melaksanakan sholat Idul Adha di Lapangan Gasibu, Bandung, Selasa (15/10).

Menurut Heryawan, jumlah hewan kurban yang disembelih tersebut tidak termasuk hewan kurban yang disalurkan PNS Pemprov Jawa Barat ke berbagai instansi lainnya. Pihaknya membebaskan PNS untuk menyalurkan hewan kurbannya.

"Tapi, pemprov memang siap memfasilitasi melalui penitipan kurban hingga proses distribusi. Insha Alloh didistribusikan dengan baik hingga ke daerah-daerah terpencil di Jawa Barat," paparnya.

Heryawan sendiri mengaku menyembelih 13 ekor hewan kurban yang terdiri dari tiga ekor sapi dan 10 ekor domba. Bahkan, delapan ekor domba dan seekor sapi sengaja dia sembelih sendiri.

Sementara dua ekor sapi lainnya disalurkan ke Mesjid Raya Jawa Barat dan Mesjid Istiqomah, serta dua ekor domba lainnya disembelih petugas dinas peternakan. "Sejak muda dulu, saya memang biasa menyembelih sendiri hewan kurban, terutama domba. Untuk sapi, sebelum jadi gubernur cuma sekali menyembelihnya. Jadi, selama jadi gubernur, ini tahun ke enam saya menyembelih hewan kurban sendiri," jelasnya.

Heryawan pun tidak lupa menyampaikan ucapan selamat Idul Adha 1434 Hijriah. Dia berharap, semangat Idul Adha yang juga dikenal dengan Idul Qurban itu mampu memotivasi seluruh warga Jawa Barat untuk menumbuhkan semangat berbagi dan peduli pada sesama.

Menurut dia, makna Idul Adha sejatinya adalah semangat berkurban untuk sesama, gotong royong, dan kepedulian sosial." "Hendaknya Idul Adha menjadi momentum bagi seluruh umat Islam, khususnya di Jawa Barat untuk terus meningkatkan makna dan semangat Idul Adha. Dimana pengorbanan diejawantahkan dalam bentuk semangat kebersamaan dan gotongroyong untuk memajukan Jawa Barat serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat," paparnya.

BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyembelih 2.368 ekor hewan kurban yang terdiri dari 1.068 ekor sapi dan 1.300 ekor domba. Gubernur Jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News