Pemprov Pastikan Tidak Ada Mudik Lebaran

Pemprov Pastikan Tidak Ada Mudik Lebaran
Kabid Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkerataapian Dinas Perhubungan Sulteng, Sumarno. Foto: Antara

jpnn.com, PALU - Pemprov Sulawesi Tengah memastikan tidak akan ada layanan transportasi mudik Lebaran kali ini karena pandemi Corona (COVID-19).

"Kami tetap ikut kebijakan pusat yang melarang untuk mudik Lebaran menggunakan semua jasa moda angkutan penumpang baik melalui jalur darat, udara maupun laut," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkerataapian Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng, Sumarno, Jumat (17/4).

Ia mengatakan, baik program mudik gratis maupun mudik biasa untuk Lebaran Idulfitri 2020 ini, semua dibatalkan.

Beberapa waktu lalu pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik Lebaran. "Dan Sulteng dipastikan ikut mendukung kebijakan tersebut sebagai langkah pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona," kata dia.

Tetapi untuk program mudik Natal dan Tahun Baru, kata Sumarno belum ada keputusan dari pemerintah pusat.

Kebijakan ini hanya sebatas untuk program mudik Lebaran. "Kalau mudik Natal dan Tahun Baru belum ada keputusan dari pusat," ujarnya.

Sumarno mengatakan, Pemprov Sulteng sudah empat tahun terakhir melaksanakan program mudik gratis bagi masyarakat yang ekonomi lemah, pelajar dan mahasiswa yang akan merayakan Idulfitri di kampung halaman mereka dalam wilayah Sulteng. Program mudik gratis tersebut selalu melebihi target.

"Tetapi karena kondisi yang tidak memungkinkan, maka program mudik gratis maupun umum kali ini tidak dilakukan," tegasnya.

Pemprov Sulawesi Tengah memastikan tidak akan ada layanan transportasi mudik Lebaran kali ini karena pandemi Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News