Pemuda Pancasila Mendukung Penuh Pemilu Jujur dan Adil

Pemuda Pancasila Mendukung Penuh Pemilu Jujur dan Adil
Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan) bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan (tengah) dan Ketua Umum Pemuda Pancasila di Jakarta, Sabtu (3/3). Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila (PP) mendukung terselenggaranya pesta demokrasi yang jujur, adil, dan aman. PP juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian disampaikan Ketua Umum MPN PP Japto S Soerjosoemarno, Senin (5/11). Terkait perkembangan kehidupan politik masyarakat yang telah memiliki pilihan politik, PP mengajak semua pihak untuk mengedepankan norma-norma. “Walau beda pilihan politik, persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga,” ujarnya.

Dia menuturkan, pihaknya juga meminta sosialisasi intensif diberikan kepada masyarakat. Dengan begitu, pemilih dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar.

“Pemuda Pancasila menegaskan bahwa hak-hak konstitusional masyarakat harus dijaga. Berikan keleluasan dalam menentukan hak pilih tanpa intimidasi dan pemaksaan kehendak yang dapat menimbulkan gejolak sosial,” tegasnya.

Ia pun menyatakan, PP menolak upaya-upaya adu domba dalam bentuk apapun terutama terkait berita-berita bohong yang sangat memprihatinkan. Aparat berwenang perlu dengan tegas dan transparan bertindak cepat.

“Menangkal berbagai upaya pihak-pihak yang ingin memecah belah bangsa. Menyeret pelaku-pelakunya ke ranah hukum dengan menegakkan hukum seadil-adilnya,” ucapnya.

Ia juga berharap agar timbulnya konflik akibat adanya pembakaran bendera tauhid yang multitafsir diserahkan kepada pihak MUI dan aparat hukum. “Sebaiknya di serahkan kepada MUI sebagai lembaga yang berwenang dalam penafsiran agama Islam dan menyerahkan masalah hukum kepada pihak yang berwajib,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal MPN PP, Arif Rahman mengatakan, PP mengimbau pemerintah untuk tegas menegakkan aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan hukum yang telah di putuskan. Agar terciptanya stabilitas politik dan sosial bagi masyarakat.

Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila (PP) mendukung terselenggaranya pesta demokrasi yang jujur, adil, dan aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News