Pemudik Belum Terbiasa dengan e-Ticketing di Pelabuhan Merak

Pemudik Belum Terbiasa dengan e-Ticketing di Pelabuhan Merak
Petugas di Pelabuhan Merak, Banten, tengah membantu dua pemudik yang menggunakan e-ticketing untuk masuk ke ruang tunggu sebelum naik ke kapal. Foto: Natalia Florens/JPNN

jpnn.com - MERAK - Pelabuhan Merak memberlakukan sistem e-ticketing untuk akses masuk pemudik menuju kapal. Sistem ini sudah berjalan hampir empat tahun.

Namun, pemudik nampaknya belum terbiasa pemakaian dengan cara instan itu. Beberapa petugas tiket pun mengaku bahwa penumpang justru kesulitan menggunakan card ticket sebelum masuk ruang tunggu pelabuhan.

"Padahal mudah saja. Mereka cukup menempelkan kartunya di sistem yang telah ditunjukkan. Di situ sudah jelas petunjuknya," ujar salah satu petugas pelabuhan Merak yang tak mau disebutkan namanya, Sabtu, (3/8).

Sistem tiket online ini sebenarnya sudah sering dijumpai di beberapa tempat di Jakarta, termasuk di akses halte busway. Penumpang cukup menempelkan kartu di mesin yang telah disiapkan. Sudah ada tanda panah di mesin itu, untuk menunjukkan letak penempelan kartu.
 
Sekali menempelkan kartu dan terdeteksi, penumpang langsung bisa masuk ruang tunggu. Namun, karena sejumlah penumpang tampak asal-asalan menempel kartu, mereka harus mengulang beberapa kali agar kartu dapat terdeteksi.

Sebenarnya PT ASDP juga sudah memberikan petunjuk terkait penggunaan e-ticketing ini. Petunjuk digantung di salah satu dinding dekat loket pembelian.

Namun, penumpang tampaknya tidak punya cukup waktu untuk membacanya. Apalagi, papan petunjuk itu tidak tampak mencolok sehingga dilewati begitu saja oleh penumpang tanpa membacanya terlebih dahulu. Penumpang lebih memilih diarahkan petugas, meski itu justru akan memakan waktu. Terutama jika antrian panjang.

Menurut Asisten Manager Humas Operasi ASDP Cabang Merak Mario S. Utomo, banyak penumpang yang memang belum terbiasa dengan e-ticketing. Padahal, kata Mario, sistem e-ticketing itu sengaja dibuat agar mempermudah akses masuk karena tanpa disulitkan dengan  sistem konvensional seperti sobek karcis masuk oleh petugas.

Ia juga menyatakan, dengan sistem e-ticketing ini tidak perlu ada penempatan petugas terlalu banyak di tempat akses masuk pelabuhan. Petugas bisa difungsikan di lini lainnya yang membutuhkan tenaga lebih.

MERAK - Pelabuhan Merak memberlakukan sistem e-ticketing untuk akses masuk pemudik menuju kapal. Sistem ini sudah berjalan hampir empat tahun. Namun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News