Pemudik Bermotor Sebaiknya Manfaatkan Program Mudik Gratis

Pemudik Bermotor Sebaiknya Manfaatkan Program Mudik Gratis
Ilustrasi pemudik menggunakan sepeda motor. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para pemudik bermotor pada Lebaran 2023 diimbau memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan pemerintah.

Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana juga mengimbau masyarakat menghindari penggunaan sepeda motor untuk moda transportasi mudik.

“Kami mengimbau pemudik tidak menggunakan sepeda motor, apalagi kalau perjalanannya mencapai delapan jam itu membahayakan,” kata Cucu dalam diskusi di Mabes Polri, Selasa (28/3).

Menurut Cucu, ada tiga moda transportasi yang diperkirakan mendominasi pada mudik Lebaran 2023, yaitu mobil pribadi 22,07 persen, sepeda motor 20,3 persen, dan bus angkutan lebaran 18,39 persen.

Pada forum itu, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengingatkan bahwa 78 persen kecelakaan lalu lintas adalah pengguna sepeda motor.

"Yang terpenting jangan menggunakan sepeda motor. Dari 100 kejadian kecelakaan itu 78-nya adalah kendaraan roda dua. Sangat tidak direkomendasikan untuk mudik,” ucapnya.

Brigjen Aan pun mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas mudik yang disiapkan oleh pemerintah.

Untuk pemudik yang ingin membawa sepeda motor, disarankan menitipkan motornya menggunakan dalam truk. Lalu, pemudiknya menggunakan moda transportasi bus angkutan lebaran.

Para pemudik bermotor diimbau memanfaatkan program mudik gratis yang disiapkan pemerintah saat Lebaran 2023. Ini soal tingkat kecelakaan lalu lintas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News