Pemudik Dibatasi Satu Jam Saja di Rest Area Mini

Pemudik Dibatasi Satu Jam Saja di Rest Area Mini
Kemacetan di tol saat mudik. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, CIKARANG - Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, pihaknya menaruh perhatian cukup besar pada rest area di jalan tol.

Jumlah rest area yang terbatas pada musim mudik tahun lalu menjadi catatan merah.

Selain membangun rest area yang dilengkapi dengan fasilitas SPBU, toilet, masjid, restoran, dan minimarket, Jasa Marga juga menyiapkan rest area mini yang diberi nama Parking bay.

Parking bay memang tidak luas dan fasilitasnya terbatas, namun bisa sangat bermanfaat bagi para pemudik.

Parking bay dilengkapi dengan tempat istirahat, toilet, dan mushala. Desi menjelaskan, Parking bay dapat digunakan untuk istirahat para pemudik.

Hanya saja, para pemudik tidak boleh berlama-lama berhenti di Parking bay karena kapasitasnya yang terbatas agar bisa digunakan secara bergantian. Hal tersebut dibenarkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono.

Ia berpesan untuk pengoperasian parking bay sebagai tempat istirahat sementara harus diatur secara tegas, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan dan pemudik.

”Peraturan penggunaan parking bay tidak boleh lebih dari satu jam, karena memang bukan untuk tempat istrahat berlama-lama. Tapi hanya untuk sebentar saja, untuk pengendara yang membutuhkan toilet setelah itu jalan kembali," kata Basuki di sela peninjauan kesiapan infrastruktur mudik di Gerbang Tol Cikarang Utama, kemarin (10/6).

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, pihaknya menaruh perhatian cukup besar pada rest area di jalan tol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News