Pemudik Motor Kuasai Pantura

Pemudik Motor Kuasai Pantura
Pemudik Motor Kuasai Pantura

INDRAMAYU--Empat hari sebelum lebaran (H-4), arus mudik yang melintas di jalur pantura padat merayap. Kendaraan didominasi oleh “pasukan ninja”, julukan pemudik yang menggunakan sepeda motor. Kendaraan roda empat (mobil) juga membludak.
H-4 diperkirakan puncak arus mudik, mengingat seluruh karyawan baik pegawai negeri sipil (PNS) maupun yang bekerja di perusahaan swasta, termasuk buruh pabrik sudah diliburkan.

Pantauan Radar di jalur Pantura Indramayu, Minggu (4/8), lalu lalang kendaraan terlihat hampir di sepanjang jalan. Bahkan tingginya volume kendaraan dan adanya pasar tumpah, rumah makan dan SPBU, serta kendaraan yang berputar arah di sejumlah titik, membuat arus lalu lintas kerap tersumbat. Meski demikian, arus mudik yang melintas di jalur pantura Indramayu masih lancar.

Upaya petugas kepolisian yang mengatur arus lalu lintas di setiap titik dengan jarak berdekatan di sepanjang jalur pantura Indramayu, mampu mencegah terjadinya kemacetan. Terutama pada titik rawan kemacetan, seperti pasar tumpah Patrol, pertigaan Sukra, jembatan dan Pasar tumpah Eretan, Parean serta pasar tumpah Cilet.

Pada lokasi tersebut, laju kendaraan terhambat sehingga kerap terjadi penumpukan akibat adanya aktivitas penyeberang jalan. Kondisi serupa juga terlihat pada  lokasi jalur putar, dimana pada titik tersebut banyak kendaraan yang hendak berputar arah.

Kapolres Indramayu AKBP Wahyu Bintono Hari Bawono melalui Kapolsek Losarang Kompol Asep Wawan SH, mengimbau kepada pemudik untuk berhati–hati ketika melintasi rumah makan dan SPBU. Karena di lokasi tersebut ramai aktivitas warga dan kendaraan yang keluar masuk.

“Di wilayah kami tidak ada pasar tumpah dan hanya ada beberapa rumah makan dan SPBU. Penyumbatan terjadi saat menjelang buka puasa, dimana banyak kendaraan atau pemudik yang ingin berbuka puasa. Meski demikian penyumbatan bahkan kemacetan bisa kita antisipasi,” ujarnya.

Di wilayahnya juga, selama arus mudik atau hingga H- 4 tidak ada kecelakaan lalu lintas yang menonjol. “Hanya ada beberapa sepeda motor yang terjatuh akibat bersenggolan dengan motor lainnya.  Mereka hanya mengalami luka ringan dan kembali melanjutkan perjalanan. Semoga tidak ada kecelakaan lalu lintas yang fatal. Semua pemudik selamat sampai tujuan,” kata kapolsek.

Pada lokasi rumah makan dan SPBU telah ditempatkan banyak personel,  untuk mengatur kendaraan yang keluar masuk agar tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas (pemudik, red) Yang melintas di jalur pantura.

INDRAMAYU--Empat hari sebelum lebaran (H-4), arus mudik yang melintas di jalur pantura padat merayap. Kendaraan didominasi oleh “pasukan ninja”,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News