Pemudik Mulai Masuk Jateng, Begini Skenario Mengurai Kemacetan di Exit Tol Pejagan

Pemudik Mulai Masuk Jateng, Begini Skenario Mengurai Kemacetan di Exit Tol Pejagan
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno saat meninjau arus mudk di Exit Tol Pejagan, Jawa Tengah, Jumat (5/4/2024). Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, BREBES - Gelombang pemudik dari Jabodetabek maupun Jawa Barat diprediksi mulai masuk Jawa Tengah pada Jumat, 5 April 2024 sore.

Petugas kepolisian mulai menyiapkan skenario mengantisipasi kemacetan kendaraan pemudik di Exit Tol Pejagan Brebes.

“Beberapa scenario telah disiapkan Polres Brebes untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan di Exit Tol Pejagan,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno di sela-sela tinjauan di Exit Tol Pejagan, Jumat (5/4/2024).

Sumarno menjelaskan pintu Tol Pejagan merupakan salah satu titik rawan yang diantisipasi. Musababnya, pemudik yang keluar di daerah tersebut sebagian besar tujuan Banyumas, Cilacap, Kebumen, dan sekitarnya.

“Kalau di exit Tol Pejagan terjadi penumpukan kendaraan, maka akan ditutup dahulu kemudian dilepas ke arah Slawi atau Pemalang,” kata Sumarno.

Selain diarahkan ke Slawi dan Pemalang, untuk kendaraan yang sudah keluar dari Tol Pejagan, maka jalur Nontol menuju Banyumas dan Bumiayu juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

Salah satunya menerapkan sistem satu arah (one way) dari Exit Tol Pejagan hingga Bumiayu Kabupaten Brebes.

Selain itu, waktu tempel kartu elektronik di pintu masuk atau keluar jalan tol pun jadi perhatian. Sebab biasanya, durasi tap kartu e-toll cukup memakan waktu hingga menimbulkan antrean di pintu tol.

Gelombang pemudik dari Jabodetabek maupun Jawa Barat diprediksi mulai masuk Jawa Tengah pada Jumat, 5 April 2024 sore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News