Pemuka Agama Gelar Deklarasi untuk Kedamaian dan Pemilu Berkualitas

Pemuka Agama Gelar Deklarasi untuk Kedamaian dan Pemilu Berkualitas
Momen Deklarasi Bersama untuk Kedamaian, Pemilu Berkualitas 2024 di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (21/3). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Tokoh agama perwakilan sejumlah organisasi menyampaikan secara terbuka Deklarasi Bersama untuk Kedamaian, Pemilu Berkualitas 2024 di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (21/3).

Diketahui, perwakilan tokoh agama hadir di Sekolah Partai demi menghadiri Simposium Nasional: Kedamaian Berbangsa Menuju Pemilu 2024 Tanpa Politisasi Agama yang digelar di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa. 

Perwakilan tokoh yang menyampaikan deklarasi ialah Ketua PP Muhammadiyah Bidang Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri Syafiq A. Mughni dan perwakilan Ahlul Bait Indonesia Fatah S Massinai. 

Berikutnya, sosok yang hadir di lokasi saat deklarasi ialah Sekretaris DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Rio Sidauruk, perwakilan Ahmadiyah Hafizurrahman Danang PB, tokoh dari Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Romo Hans Jeharut, dan sosok dari Persekutuan Gereja-gereja Indonesia Pdt Gomar Gultom.

Sementara itu, perwakilan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjend TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya dan tokoh Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia WS. Budi Santoso Tanuwibowo mengikuti secara virtual. 

Satu dari beberapa poin deklarasi menyebut sejarah bangsa Indonesia membuktikan Pancasila menjadi ideologi yang mempersatukan.

Dari situ, para perwakilan tokoh sepakat untuk membangun kedamaian dalam kehidupan beragama dalam kondisi apa pun. 

"Guna lebih meningkatkan soliditas dan solidaritas berbangsa tanpa diskriminasi dan tanpa politisasi agama," kata Mughni saat membacakan isi deklarasi di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Selasa. 

Tokoh agama lintas organisasi menyampaikan secara terbuka Deklarasi Bersama untuk Kedamaian, Pemilu Berkualitas 2024 di Sekolah Partai PDIP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News