Pemulangan TKI, Kemenakertrans Ajak BNP2TKI

Pemulangan TKI, Kemenakertrans Ajak BNP2TKI
Pemulangan TKI, Kemenakertrans Ajak BNP2TKI
JAKARTA — Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemenakertrans, Reyna Usman membantah anggapan bahwa pihaknya tidak melibatkan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) terkait pembahasan pemulangan TKI mandiri. Menurutnya, koordinasi sudah dilakukan sejak awal pembahasan rencana pemulangan TKI mandiri.

Pernyataannya Reyna ini menjawab adanya selentingan tudingan bahwa Kemenakertrans melanggar nota kesephaman antara BNP2TKI dengan Badan Pendataan Kepulangan (BPK) TKI Terminal Selapajang.

“Tidak benar jika ini dikatakan keputusan (Kemenakertrans) sepihak. Pemulangan TKI mandiri ini sudah dibahas sejak tiga bulan yang lalu dan berkoordinasi dengan seluruh pihak kementerian dan lembaga terkait termasuk BNP2TKI. Koordinasi ini sudah dilakukan berkali-kali,” tegas Reyna kepada JPNN ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Jakarta, Kamis (13/12).

Reyna menyebutkan, bukti bahwa adanya koordinasi dengan pihak kementerian dan lembaga yang terkait dengan pemulangan TKI mandiri, adalah penyusunan Standard Operating Prosedur (SOP). “Tidak mungkin Kemenakertrans menyusun SOP sendiri. Tentu ini dengan mengajak pihak-pihak terkait lainnya,” tukasnya.

JAKARTA — Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemenakertrans, Reyna Usman membantah anggapan bahwa pihaknya tidak melibatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News