Pemulangan TKI Overstayed Dipecah

Jadi 5 Kloter, 351 Tiba Hari ini

Pemulangan TKI Overstayed Dipecah
Pemulangan TKI Overstayed Dipecah
JAKARTA - Pemulangan ribuan TKI overstayed dari Arab Saudi akan dibagi menjadi lima  kelompok terbang (kloter). Sebanyak 351orang telah berangkat Minggu (30/10)  sore dan direncanakan Senin pagi (31/10) sekitar pukul 06.00 telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Jumlah tersebut terdiri dari 346 dewasa, tiga anak-anak, dan dua balita.

Sedangkan keempat kloter lainnya akan terbang Senin. Diperkirakan, pemulangan ribuan WNI bermasalah ini memakan biaya mencapai miliaran rupiah. Pasalnya, biaya pemulangan per orang mencapai USD 149.

"Pemulangan dengan pesawat jemaah haji ini yang terakhir kali dilakukan pemerintah. Kami tegaskan tidak ada lagi pemulangan yang dilakukan negara," papar Kapus Humas Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) Supartono di Jakarta, Minggu (30/10).

Kini, Tim dari Kemenakertrans dan Konsulat Jenderal RI di Jeddah masih melakukan pengecekan terakhir untuk memastikan jumlah TKI yang dapat dipulangkan ke tanah air. Para TKI overstayed dan WNI bermasalah yang telah didata kemudian menjalani proses investigasi dan sidik jari serta dinyatakan bersih dari tindak kriminal, akan dipulangkan lebih awal, sedangkan mereka yang tersangkut kasus hukum, tidak akan diberangkatkan hingga kasusnya dinyatakan tuntas oleh pihak tarhil Arab Saudi.    

JAKARTA - Pemulangan ribuan TKI overstayed dari Arab Saudi akan dibagi menjadi lima  kelompok terbang (kloter). Sebanyak 351orang telah berangkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News