Penambang Pasir Tak Takuti Lahar Merapi

Kapolda Siapkan Evakuasi Paksa

Penambang Pasir Tak Takuti Lahar Merapi
Penambang Pasir Tak Takuti Lahar Merapi
MUNGKID - Tim evakuasi bersama-sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan melakukan evakuasi paksa sejumlah warga di kawasan rawan bencana Gunung Merapi yang sampai saat ini masih nekat bertahan. Kebijakan ini juga akan berlaku bagi para penambang pasir di sungai yang berhulu di Merapi.

"Sudah saya instruksikan untuk melakukan sweping ke wilayah yang masuk kawasan rawan bencana. Jika ada yang bandel akan dievakuasi paksa. Karena berkaitn dengan keselamatan mereka," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen (Pol) Edward Aritonang kala memberikan bantuan mobil dan sepeda motor kepada tiga Polres di wilayah merapi, di Mapolres Magelang, Minggu (7/11).

Hal tersebut, kata mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini juga berlaku bagi para penambang. "Kita sudah instruksikan kepada kapolsek supaya melakukan pelarangan di area penambangan," kata dia.

Untuk menjaga wilayah merapi ini, mulai kemarin (7/11) pihaknya mendapatkan bantuan personil dari Polda Jawa Barat dan Polda Jawa Timur berikut pralatan berupa mobil evakuasi dan kendaraan roda dua. "Kendaraan ini akan kita gunakan untuk patroli di sepanjang kawasan bahaya merapi," kata jendral bintang dua ini. "Daerah perbatasan yang rawan dan daerah yang ditinggal warganya mengungsi juga kita amankan melalu patroli," tambah dia.

MUNGKID - Tim evakuasi bersama-sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan melakukan evakuasi paksa sejumlah warga di kawasan rawan bencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News