Penangkar Benih Bawang Putih Komitmen Perangi Benih Palsu

Penangkar Benih Bawang Putih Komitmen Perangi Benih Palsu
Benih bawang putih. Foto: Dok. Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Target swasembada bawang putih tahun 2021 di antaranya ditentukan dengan sukses atau tidaknya pertanaman 7.400 hektare tahun ini. Mendukung program tersebut, pemerintah tengah menggiatkan perluasan area tanam dengan pemberlakuan wajib tanam bagi importir.

Pemberlakuan wajib tanam dan produksi dengan nilai minimal 5 persen dari total rekomendasi impor yang diajukan menjadi penopang target pertanaman. Sejalan dengan itu, Direktorat Jenderal Hortikultura terus melakukan pengawalan dan pendampingan intensif di sentra utama sekaligus daerah yang tersebar di 78 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Guna mendukung produktivitas yang tinggi, pemakaian benih bermutu menjadi kunci keberhasilan. Untuk itu ketersediaan benih yang cukup harus menjadi kepastian. "Saat ini benih lokal yang tersedia menurut data Ditjen Hortikultura bulan Agustus 2018, bersumber dari penangkar-penangkar di 4 provinsi yaitu NTB, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat sebanyak 4.700 ton. Termasuk benih lokal di antaranya varietas Sangga Sembalun, Lumbu Hijau dan Lumbu Kuning," kata Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Kementan pada Minggu (2/9).

Di antara besarnya kebutuhan benih lokal ternyata menimbulkan beberapa permasalahan dalam hal pemenuhan benih. Seperti munculnya berita benih bawang putih palsu, pengoplosan benih dan lain sebagainya. "Namun demikian, kita wajib mengapresiasi para penangkar benih bawang putih yang teta berkomitmen pada prinsip menjaga mutu," pesan Suwandi.

Adalah Bejo (40), produsen benih dari Karanganyar, yang masih tetap komit dalam menjaga mutu benih bawang putih. Saat diwawancarai lewat telepon, penangkar benih yang memulai usahanya sejak tahun 2012 menyatakan bahwa dirinya cukup kaget mendengar berita adanya peredaran benih bawang putih palsu.

"Jangan halalkan segala cara untuk mendapatkan benih bawang putih. Kami masih tetap berkomitmen untuk mengikuti rambu-rambu penyediaan benih," tambahnya.

Menyikapi peredaran benih palsu, Bejo menyatakan bahwa para petani biasanya dapat membedakan benih bawang putih asli, benih palsu, atau benih oplosan.

Produksi benih bulan Juli - Oktober di kelompok nya mencapai 24 Ton. Varietas Tawang Mangu Baru yang dihasilkan dari 40 Ha, benih tersebut akan diusulkan Ke BPSB TPH Provinsi Jawa Tengah untuk dilakukan sertifikasi benih.

Penangkar benih bawang putih masih berkomitmen memerangi mafia bawang putih palsu dan oplosan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News