Penataan Ulang Pita Frekuensi 800 MHz dan 900 MHz Rampung, Jaringan 4G Makin Jos!

Penataan Ulang Pita Frekuensi 800 MHz dan 900 MHz Rampung, Jaringan 4G Makin Jos!
Ilustrasi layanan jaringan 4G LTE. Foto: ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengumumkan bahwa seluruh rangkaian penataan ulang (refarming) pita frekuensi radio 800 MHz dan 900 MHz telah rampung.

Rampungnya proses refarming pita frekuensi radio 800 MHz dan 900 MHz membuat pita frekuensi radio untuk layanan seluler di Indonesia dalam kondisi paling optimal.

BACA JUGA: Ada 36 Titik Lemah dari Jaringan 4G LTE

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, dalam siaran keterangan resmi, di Jakarta, Rabu (3/4), manfaatnya ialah kemudahan dan efisiensi proses upgrade teknologi Mobile Broadband, dari semula 3G dapat dengan mudah ditingkatkan menjadi 4G.

Efisiensi aspek pemanfaatan sumber daya spektrum frekuensi radio diklaim akan dapat mendorong operator telekomunikasi meningkatkan penetrasi penggelaran jaringan 4G.

Kendati, saat penyelesaian proses refarming mundur dua minggu, yakni seharusnya 21 Maret lalu, karena jumlah base station dua kali lipat dari perkiraan semula.

Pada awal refarming terdapat sekitar 42.000 base station, namun ketika refarming berjalan total terdapat 71.786 titik base station.

Tahun lalu, proses itu membutuhkan waktu 143 hari kalender untuk 67.464 base station. Kini hanya membutuhkan waktu 68 hari kalender untuk merampungkan refarming 71.786 base station. (mg8/jpnn)


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengumumkan bahwa seluruh rangkaian penataan ulang (refarming) pita frekuensi radio 800 MHz dan 900 MHz telah rampung, manfaatnya layanan jaringan 4G lebih jos.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News