Pencalonan Edhy Baskoro Rugikan SBY

Pencalonan Edhy Baskoro Rugikan SBY
Pencalonan Edhy Baskoro Rugikan SBY

jpnn.com - JAKARTA—Kredibilitas Presiden Susilo Bambang Yudhoyo akan menurun jika Edhie Baskoro Yudhoyono tetap dicalonkan sebagai anggota legislatif. Mengingat Edhie terbilang baru di kancah perpolitikan nasional dan belum teruji kualitasnya.

"Dengan pencalonan Edhie Baskoro, bisa-bisa merugikan presiden. Kan tidak ada jaminan kualitas anaknya dengan yang lain. Nanti masyarakat akan menanyakan apakan kemampuan anak SBY lebih baik dari anak Megawati?" Arbi Sanit, pengamat politik UI kepada wartawan di Gedung Senayan, Rabu (13/8).

Menurut Arbi ada kelemahan dalam sistem perekrutan anggota legislatif, di mana tidak ada kriteria khusus yang membatasi Caleg sebagai anggota DPR. Undang-Undang (UU) Pemilu membebaskan siapa pun yang dicalonkan Parpol duduk di DPR. Hanya saja, persyaratan sebagai Caleg peserta sudah disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bagi semua Parpol.

"Kualitas caleg itu tidak menjamin. Kalau caleg peserta memang sudah ada dari KPU untuk semua partai," papar Arbi.

Dia berharap caleg putra presiden atau mantan sekalipun harus benar-benar teruji kualitasnya. Hal itu agar masyarakat tidak menyepelekan keluarganya karena caleg mewakili aspirasi daerah pemilihannya. "Dinasti tidak apa-apa, oke saja. Seperti Dinasti Bush, Mega atau Gus Dur. Tapi dia mesti terjamin biar kualitasnya tidak disepelekan," sambungnya. (esy)

 


JAKARTA—Kredibilitas Presiden Susilo Bambang Yudhoyo akan menurun jika Edhie Baskoro Yudhoyono tetap dicalonkan sebagai anggota legislatif.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News