Pencapresan SBY Bakal Terganjal Prosedur

Prabowo-Jusuf Kalla Bisa jadi Alternatif

Pencapresan SBY Bakal Terganjal Prosedur
Pencapresan SBY Bakal Terganjal Prosedur
JAKARTA - Keputusan Jusuf Kalla untuk mencalonkan diri sebagai capres membuat peta politik semakin cair. Peluang pasangan capres-cawapres untuk menyaingi kubu SBY dan kubu Megawati Soekarnoputri juga semakin besar lantaran peluang koalisi baru semakin terbuka.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia Bonny Hargens mengatakan, keinginan yang semakin kuat di Golkar untuk mengusung capres sendiri jelas akan berdampak pada SBY. Menurut Bonny, secara prosedural belum tentu SBY bisa dicalonkan jika pengusungnya hanya Partai Demokrat.

“Karena Partai Demokrat akan kesulitan memenuhi ambang batas 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah pemilu legislatif,” ujar Bonny pada diskusi yang mengangkat tema Pilpres 2009: Mencari Presiden Idaman Rakyat di Jakarta.

Bonny memprediksikan perolehan suara Partai Demokrat tidak akan melejit terlalu tinggi dibanding Pemilu 2004. “Kalaupun naik, paling tinggi tiga persen jadi sangat sulit mencapai 10 persen. Angka ini jelas belum bisa untuk mengusung capres sendiri,” imbuhnya.

JAKARTA - Keputusan Jusuf Kalla untuk mencalonkan diri sebagai capres membuat peta politik semakin cair. Peluang pasangan capres-cawapres untuk menyaingi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News