Parpol Kesulitan Cari 'Lawan Sepadan' SBY

Parpol Kesulitan Cari 'Lawan Sepadan' SBY
Parpol Kesulitan Cari 'Lawan Sepadan' SBY
JAKARTA - Pengamat Marketing Politik dari Universitas Indonesia, Firmanzah, menegaskan bahwa kalangan elit partai politik (parpol) peserta Pilpres 2009 mengalami kesulitan besar dalam mencarikan 'lawan sepadan' bagi SBY untuk mengimbangi bertarung pada Pilpres 8 Juli mendatang.

“Hingga saat ini, parpol memang belum ada calon alternatif di luar SBY. Disukai atau tidak, masyarakat masih menyukai SBY karena dinilai sebagai sosok negarawan yang santun berbicara dan arif dalam bertindak,” kata Firmanzah.

Selain faktor tersebut di atas, lanjut Firmanzah, posisi penting yang ditempati SBY saat ini untuk ikut bertarung dalam Pilres mendatang tidak lagi dimulai dari nol kilometer. “Sebagai incumbent, SBY tidak lagi berada pada posisi titik nol kilometer. Dia sudah berjalan dalam sebuah koridor sebelum parpol lain mengusung capresnya masing-masing,” katanya.

Dia juga memahami sebuah kemubaziran yang dilakukan oleh parpol tatkala yang diusung adalah para kandidat yang pernah dikalahkan SBY dalam even Pemilu 2004 lalu, seperti Wiranto dan Megawati yang saat itu diusung oleh partai besar, masing-masing Golkar dan PDIP. “Hasilnya? Ya, seperti sekarang, SBY menang telak. Padahal partai yang mengusung SBY belum sekuat seperti sekarang,” ujar Firmanzah berasumsi.

JAKARTA - Pengamat Marketing Politik dari Universitas Indonesia, Firmanzah, menegaskan bahwa kalangan elit partai politik (parpol) peserta Pilpres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News