Pencari Kerja Terbanyak Juli, Ini Penyebabnya

Pencari Kerja Terbanyak Juli, Ini Penyebabnya
Bursa kerja. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAMBI - Sejak Januari hingga November 2017, ada 5.431 pencari kerja (pencaker) di Kota Jambi.

Selama periode itu, pencaker terbanyak ada di bulan Juli. Wajar saja, pada bulan itu ada penerimaan CPNS dan beberapa perusahaan besar juga membuka lowongan kerja.

Kepala Dinas tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kota Jambi, Syahril Samingin, jumlah ini terdiri dari 3.447 pria dan 1.984 wanita.

“Pencaker paling banyak adalah tamatan SMA,” kata dia. Lanjutnya, pada Juli ada 1.877 pencaker yang terdiri dari 1.178 pria dan 699 wanita.

“Pada bulan Juli dan Agustus paling banyak mereka yang tamatan SMA membuat kartu A1. Sebagian besar karena ingin mendaftar CPNS Kemenkumham, dan beberapa penerimaan CPNS di tempat lain. Mereka yang membuat kartu ini banyak yang sedang kuliah. Katanya mau coba ikut CPNS,” bebernya.

Berdasarkan data, di awal tahun jumlah pencaker sedikit, di pertengahan tahun membludak dan mulai berkurang pada September 2017.

“April paling sedikit dan bulan Juli paling banyak. Dari jumlah tersebut ada juga tamatan SD yang terdaftar sebanyak 12 orang. Rata-rata memang usianya sudah berumur semua,” kata dia. (viz/rib)


Pencari kerja (pencaker) terbanyak lulusan SMA. Diduga, banyak juga yang mendaftar seleksi CPNS Tahun 2017.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News