Pencetak Hafiz dari Kampung Tanaka

Pencetak Hafiz dari Kampung Tanaka
Ustaz Agus Imam Bukhori tengah bersama santri-santrinya yang melakukan murojaah, Rabu (16/5). Foto Radar Malang/JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Di Malang Raya, ada sejumlah pondok pesantren (ponpes) yang berdiri di kawasan minoritas umat muslim.

Salah satunya Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidzul Qur’an Putra Putri Al Falah, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

===============================
Indra Mufarendra - Radar Malang
===============================

Desa Bangelan hanya berjarak beberapa kilometer dari kompleks Makam Gunung Kawi. Di desa ini, terutama di Dusun Arjomulyo, masih banyak ditemukan masyarakat yang menganut kepercayaan kejawen.

Karena itu, sulit untuk menemukan lembaga pendidikan Islam di sini. Bahkan, Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidzul Qur’an Putra Putri Al Falah menjadi satu-satunya yang berdiri di sana.

Lokasi pondok ini sedikit tersembunyi di tengah-tengah areal perkebunan. Kompleks pondok ini terdiri atas dua bangunan. Yakni, sebuah rumah yang ditempati pengasuh pondok dan keluarganya. Serta masjid yang lantai dasarnya menjadi kamar untuk para santri.

Ada satu aktivitas rutin yang dilakoni para santri setiap hari. Seperti yang terlihat Rabu siang (16/5). Setelah salat Duhur berjamaah, para santri, baik putra maupun putri, melafalkan ayat suci Alquran.

Ada yang melafalkan dengan membaca Alquran, ada pula yang tanpa membaca Alquran.

Setelah salat Duhur berjamaah, para santri, baik putra maupun putri, melafalkan ayat suci Alquran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News