Pendaftar SNMPTN Sepi, Siswa Deg-Degan Tunggu Pengumuman UN

Pendaftar SNMPTN Sepi, Siswa Deg-Degan Tunggu Pengumuman UN
Pendaftar SNMPTN Sepi, Siswa Deg-Degan Tunggu Pengumuman UN
MALANG - Sepinya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) disebabkan oleh berbagai faktor. Terutama yakni meningkatnya angka ketidaklulusan siswa SMA dan MA di Indonesia. Berdasarkan hasil yang telah dirilis media ini sebelumnya, sebanyak 11.443 siswa tidak lulus ujian pada tahun ini. Hal tersebut berimbas pada sepinya pendaftaran di beberapa panitia lokal (Panlok) di Indonesia.

Salah satunya adalah di Panlok 55 Universitas Brawijaya (UB) Malang. Berdasarkan data yang diperoleh dari Panlok Malang, jumlah pendaftar yang masuk pada Jumat (13/5) pukul 03.50 WIB, menunjukkan angka yang tidak melebihi 6000 pendaftar. Terlihat pada statistik, pendaftar IPA masih 2152 (dipakai 1280), IPS 2369 (dipakai 1416), serta IPS yang baru 1255 (dipakai 711). Grafik total menunjukkan hanya sebanyak 5776 calon mahasiswa baru yang mendaftar.

Susantinah Rahayu, Kepala Humas UB mengatakan, penyebab sepinya jumlah pendaftaran disebabkan oleh tutupnya bank di hari Sabtu dan Minggu. Selain itu, para siswa angkatan 2011 masih was-was dalam mendaftarkan diri, karena masih menunggu pengumuman secara resmi hari Senin (16/5) besok.

Susanti juga memaparkan, jika diperpanjangnya pendaftaran bagi angkatan veteran tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah pendaftar dari angkatan veteran (2009-2010). Namun menurutnya, panitia SNMPTN juga tidak lantas menjadi was-was dengan pengaturan kembali ruangan jika pendaftar membludak di 10 hari terakhir, dikarenakan telah di-planning jauh-jauh hari untuk menampung membludaknya pendaftar dan pengaturan ruangan.

MALANG - Sepinya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) disebabkan oleh berbagai faktor. Terutama yakni meningkatnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News