Pendaftaran CPNS 2018 Kemungkinan Dibuka September

Pendaftaran CPNS 2018 Kemungkinan Dibuka September
Peserta tes CPNS menunggu giliran mengikuti SKD. Foto: Radar Tarakan/JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Pendaftaran CPNS 2018 kemungkinan besar akan dibuka September. Sekretaris Kota (Sekkota) Malang Wasto menyatakan, pendaftaran CPNS bakal dibuka dalam waktu dekat ini.

”Nggak sampai akhir tahun (pendaftaran CPNS dibuka). Kemungkinan September sudah dibuka,” ujar Wasto seperti diberitakan Radar Malang (Jawa Pos Group).

Mengenai kepastian tanggal dibukanya pendaftaran CPNS, pejabat eselon II A Pemkot Malang itu menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat. Kabupaten/kota hanya diberi kesempatan mengajukan kuota sesuai kebutuhan.

Wasto mendengar bocoran dari pemerintah pusat, bahwa Kota Malang dijatah 275 kursi CPNS. ”Kuotanya sudah ditetapkan. Ada 275 kursi,” ucap mantan kepala badan perencanaan, penelitian, dan pengembangan (barenlitbang) itu.

Kuota CPNS tersebut untuk pengisian dua organisasi perangkat daerah (OPD). Yaitu Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. Persentasenya 60 persen dan 40 persen dari jumlah total kuota. ”Yang banyak untuk lowongan guru PNS,” katanya.

Lebih lanjut, guru tersebut untuk jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Banyaknya jumlah lowongan CPNS untuk guru karena tingginya kebutuhan.

”Sekolah di Kota Malang kekurangan guru berstatus PNS,” terang pria yang pernah memimpin dinas kebersihan dan pertamanan (DKP) itu. (im/c1/dan)


Pemerintah belum mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS 2018, tapi kemungkinan dibuka September.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News