Pendaftaran Seleksi PPPK 2022 Jadi Dibuka Besok? Kepala BKN Bikin Terkejut

Pendaftaran Seleksi PPPK 2022 Jadi Dibuka Besok? Kepala BKN Bikin Terkejut
Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana bersama Rektor UT Prof. Ojat Darojat. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para honorer yang sudah menantikan pembukaan pendaftaran seleksi PPPK 2022 harus bersabar.

Pasalnya, jadwal yang digadang-gadang Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dibuka pada 25 Oktober untuk seleksi PPPK guru bakal tidak terlaksana.

Menurut Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, ada beberapa hal teknis yang belum matching sehingga dirinya belum berani memutuskan untuk membuka sistem seleksi calon aparatur sipil negara (SSCASN). Salah satunya adalah mekanisme perekrutan guru honorer.

BKN kurang sreg bila guru honorer K2 yang belum ikut tes PPPK 2021 maupun tidak lulus passing grade (PG), yang disebut prioritas dua (P2) ikut diseleksi tahun ini.

Begitu juga dengan prioritas dua (P2), yaitu guru honorer sekolah negeri dengan masa pengabdian minimal 3 tahun, terdaftar di Dapodik, belum pernah ikut tes maupun tidak lulus PG.

"Kami sebenarnya menginginkan 193.954 guru lulus PG dulu yang diselesaikan. Jumlahnya mereka cukup banyak, tempatkan dulu mereka, setelah selesai baru ke P2, P3, dan pelamar umum," terang Bima Haria Wibisana usai pendatanganan kerja sama BKN dengan Universitas Terbuka di Gedung Kualitas, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Senin (23/10).

Dia menegaskan banyak pemda yang tidak tahu posisi Dapodik, sehingga terlalu berisiko jika P2, P3 langsung diikutsertakan bersama-sama dengan guru lulus PG.

Alangkah bijaknya kata Bima, guru P1 diamankan terlebih dahulu posisinya. Sebab, mereka sudah dua kali ikut tes.

Kepala BKN memberikan pernyataan mengejutkan terkait jadwal seleksi PPPK 2022 yang digadangp-gadang dibuka 25 Oktober

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News