Pendaki Tewas di Dalam Gua Susu Gunung Rinjani

Pendaki Tewas di Dalam Gua Susu Gunung Rinjani
Tim SAR Lombok Timur bersama petugas TNGR saat melakukan evakuasi terhadap jasad korban (ANTARA/HO-Humas Balai TNGR)

jpnn.com, MATARAM - Pendaki berinisial LM (59) tewas di lokasi Gua Susu, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Lombok.

Korban tercatat warga Desa Sukadana, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Korban sudah tiba di Puskesmas Senaru untuk dilakukan pemeriksaan dan selanjutnya dilaksanakan serah terima jenazah dari Pihak TNGR kepada keluarga korban," kata Kepala Balai TNGR Lombok Tengah Dedy Asriady di Mataram, Kamis.

Dia mengatakan korban merupakan rombongan pendaki pilgrim (peziarah) yang naik pada hari Senin tanggal 30 Oktober 2023 melalui pintu jalur wisata pendakian Senaru SPTN Wilayah I TNGR dengan jumlah peserta rombongan sebelas orang.

"Tim evakuasi langsung berangkat dengan jumlah personel tujuh porter dan satu tenaga medis pada hari Rabu, 1 November Pukul 00.28 WITA," katanya.

Karena situasi sudah larut malam, tim memutuskan istirahat di Pos Birisan Nangka dan baru melanjutkan proses evakuasi pada pukul 06.15 WITA langsung menuju Gua Susu.

Pukul 11.00 WITA tim tiba di lokasi Goa Susu dan mencoba untuk melakukan upaya evakuasi terhadap jenazah korban yang terjepit di dalam lubang sempit areal Gua Susu.

Namun, mereka kesulitan untuk dapat mengeluarkan jenazah, sehingga menunggu bantuan Tim SAR Lombok Timur yang memiliki alat dan teknis untuk mengeluarkan jenazah.

Seorang pendaki tewas di lokasi Gua Susu, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Lombok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News