Penderita Diabetes Boleh Makan Semangka?

Penderita Diabetes Boleh Makan Semangka?
Ilustrasi diabetes. Foto: Pixabay

jpnn.com - Jika ditanyakan buah apa yang menjadi favorit banyak orang, semangka sepertinya bisa dimasukkan ke dalam daftar tersebut.

Hal itu karena buah tersebut mengandung banyak cairan, rasanya manis dan menggugah selera, mudah ditemui, serta relatif murah.

Namun, bagi penderita diabetes, semangka bukanlah buah yang ramah. Ini karena banyak orang menganggap bahwa buah tersebut bisa mengundang beragam efek negatif jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Perlu Anda tahu, penderita diabetes wajib menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi agar kadar gula darah dalam tubuhnya tetap stabil. Nah, semangka memiliki indeks glikemik yang tinggi lantaran ukurannya yang besar.

Melansir Healthline, indeks glikemik dari buah tersebut adalah 72. Angka itu cukup tinggi, karena standarnya adalah di bawah 55.

Sebagai informasi, indeks glikemik (IG) adalah perhitungan seberapa cepat gula dalam makanan memasuki aliran darah. Setiap makanan diberi nilai antara 1 dan 100.

Nilai-nilai tersebut ditentukan sesuai dengan bagaimana setiap makanan dibandingkan satu sama lainnya.

Lalu masih bolehkah mengkonsumsi semangka?

Selain manis, semangka juga menyegarkan dan mengandung banyak cairan. Namun, bolehkah buah tersebut dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News