Penderita Kusta Turun 81 Persen

Sejuta Orang Terhindar dari Cacat

Penderita Kusta Turun 81 Persen
Penderita Kusta Turun 81 Persen
JAKARTA - Jumlah penderita penyakit kusta di Indonesia turun drastis. Kementerian kesehatan (Kemenkes) menyatakan, prevalensi penderita kusta di Indonesia turun sebesar 81 persen dari 107.271 (1990) menjadi 21.026 (2009).

"Hasil itu dicapai pemerintah setelah melakukan rehabilitasi melalui operasi, rekonstruksi, protesa dan pembentuka kelompok perawatan diri. "Saat ini sudah terbentuk lebih 150 KPD dan rehabilitasi sosial bekerjasama dengan LSM lokal." Kata Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih ketika membuka seminar Pencegahan Cacat Akibat Kusta di Jakarta, Sabtu (26/2).

Acara ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat dan seluruh stakeholder untuk membantu mencegah kecacatan akibat kusta. Menkes mengatakan, Indonesia berhasil mencapai eliminasi kusta pada tahun 2000 di 19 provinsi dan sekitar 300 Kabupaten atau Kota. Eliminasi dilakukan dengan menurunkan angka kesakitan lebih kecil dari 1 per 10 ribu penduduk. "Lebih dari 10 juta penderita telah disembuhkan dan lebih 1 juta penderita diselamatkan dari kecacatan," kata dia.

Endang mengatakan, "keberhasilan ini tak terlepas dari terobosan untuk mempercepat eliminasi kusta dengan melaksanakan penemuan penderita secara pasif dan aktif. Bentuknya dengan intensifikasi penemuan melalui Kampanye Eliminasi Kusta atau Leprosy Elimination Campaign (LEC), Rapid Village Survey (RVS), Pencarian kasus melalui program Save Papua (Team Mobile Clinic), Special Action Project for The Elimination of Leprosy (SAPEL) di daerah yang sulit.

     

JAKARTA - Jumlah penderita penyakit kusta di Indonesia turun drastis. Kementerian kesehatan (Kemenkes) menyatakan, prevalensi penderita kusta di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News