Penderita Liver Makin Meningkat akibat Obesitas dan Alkohol

Penderita Liver Makin Meningkat akibat Obesitas dan Alkohol
Penderita Liver Makin Meningkat akibat Obesitas dan Alkohol

jpnn.com - LONDON -- Liver merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan karena penyakit ini menyerang organ vital yang ada di dalam tubuh yakni hati. Pasalnya, organ ini mempunyai lebih dari 500 fungsi di mana salah satunya  sebagai alat pentralisir atau filtrasi tubuh dari zat yang dapat membahayakan.

Kini para ahli Hepatologi melaporkan kondisi yang meresahkan akibat penyakit ini. Kematian akibat penyakit hati melambung 40 persen dalam satu dekade, salah satunya disebabkan budaya konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat sehingga memicu obesitas.

Di Inggris sendiri penyakit liver telah membunuh sekitar 11 ribu orang pertahun. Selain konsumsi alkohol yang terus meningkat, juga masalah obesitas atau kegemukan.

"Angka menunjukkan bahwa sepertiga dari penderita penyakit ini berhubungan dengan obesitas. Sedangkan lainnya terkait konsumsi alkohol," kata Tory MP David Amess, ketua
Parliamentary Hepatologi Grup Inggris, seperti dilansir Dailymail, Rabu (26/3).

Dijelaskannya, dari hasil studi, khusus penyakit hati karena alkoholik menjadi penyebab dua dari tiga kematian yang berhubungan dengan alkohol. "Penyakit hati bertanggung jawab atas satud ari lima penyebab kematian di Inggris, yang mana angka itu terus meningkat," sambungnya.

Selain dua penyebab di atas, penyakit liver juga dipicu hepatitis virus. Hal itu dapat dicegah jika terdeteksi lebih dini dan banyak kasus juga dapat diobati. "Terkait obesitas hal itu dapat dicegah dengan budaya makan makanan yang sehat," pungkasnya.

Diperkirakan 216.000 orang di Inggris yang terinfeksi hepatitis C, yang juga dapat menyebabkan penyakit hati. The British Liver Trust sendiri memperkirakan biaya untuk memerangi penyakit hati akan mencapai 1 miliar Poundsterling atau Rp 19 triliun pertahun dalam dekade berikutnya. Bagaimana dengan Indonesia? (esy/jpnn)


LONDON -- Liver merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan karena penyakit ini menyerang organ vital yang ada di dalam tubuh yakni


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News